Breaking News

Masyaallah Rasulullah Pernah Menyebut Komet Ini Sebagai Satu Pertanda

Satu Takbir | Komet merupakan hasil dari sisa bongkahan yang terpecah karena benturan bongkahan batu luar angkas pada benda-benda langit. Jalur yang dilalui setiap komet tidaklah sama, mereka berjalan sebagaimana pada garis arah edarnya, itulah sebabnya bahwa bongkahan sisa hantaman atau benturan batu angkasa yang nanti hasilnya disebut komet pada awalnya berasal dari sisa batu yang terbuai karena diakibatkan dari penolakan gaya dari suatu planet. Hal ini karena setiap gaya atsmosfir yang dimiliki oleh setiap planet sangatlah berbeda-beda sehingga jika suatu benda asing mengarah ke suatu planet maka ia akan mengeluarkan sisa-sisa hantaman yang nantinya akan mendorong arah lajur bongkahan tersebut mengarah pada garis edarnya, fenomena inilah yang biasa kita sebut dengan “Bintang Jatuh”, jika bongkahan dari sisa hantaman tadi berjalan melewati bumi kita, sebutan dalam penjelasan inilah yang menurut ahli astronomi disebut komet.


Didalam sejarah penciptaan bumi, komet sudah menjadi fenomena langit biasa dan lumrah terjadi, namun dari ratusan komet yang pernah melewati bumi kita ada satu komet teraneh juga terlihat dan pernah melewati bumi dalam daftar sebagai komet yang memiliki unsur dan bentuk yang sedikit berbeda, komet ini memiliki ekor cahaya yang panjang, para ilmuan menyebutkan komet tersebut sebagai salah satu komet terbesar dan terdekat yang pernah melewati dalam garis tepi bumi.

Para Ahli Astronomi secara resmi telah memberi nama komet ini sebagai nama Halley, atau dengan nama lainnya adalah komet 1P. Menurut Wikipedia, bahwa Komet halley merupakan sebuah komet paling terkenal di antara komet-komet periodik lainnya. Walaupun pada setiap abad banyak komet berperiode panjang yang pernah muncul dengan lebih terang dan dahsyat, Halley adalah satu-satunya komet dengan periode pendek yang dapat dilihat dengan mata telanjang, dan komet tersebut dapat dipastikan kembali dalam rentang umur manusia pada umumnya, yaitu kisaran 80 / 90 tahun.

Namun tahukah anda, pada 1400 tahun yang lalu ternyata Nabi kita Muhamamd SAW pernah menyinggung akan hadirnya kedatangan komet halley ini, bahkan lebih dalam lagi bahwa beliau juga menyebutkan bahwa dengan hadirnya komet tersebut maka akan hadirnya suatu peristiwa penting dalam sejarah bumi di akhir zaman.

Dan sekarang pertanyaannya kita adalah komet manakah yang dimaksudkan oleh Nabi kita tersebut, benarkah komet halley, atau ada komet yang lain ?, kapankah komet ini akan muncul atau mungkin apakah komet tersebut telah hadir sebelum masa kita ? dan pertanda apakah yang dimaksudkan oleh nabi setelah munculnya komet yang dimaksudkan oleh beliau tersebut ? simak penjelasan dibawah ini.  

Rasulullah SAW, pernah bersabda melalui sanad Ka’ab Al-Akhbar, bahwa :  

“Sebuah bintang dengan ekor bercahaya akan muncul dari Timur sebelum munculnya Al Mahdi.” (Ka’b al-Ahbar)

“Sebuah komet akan muncul di Timur dengan mengeluarkan cahaya sebelum tiba.” (Ibn Hajar al-Haythami, Al-Qawl al-Mukhtasar fi `Alamat al-Mahdi al-Muntazar, hal. 53)

Seperti yang disebutkan oleh dua hadits diatas, bahwa apa yang dikatakan oleh Rasulullah tersebut benarlah terjadi, komet yang dimaksudkan oleh Rasulullah SAW diatas adalah merujuk pada nama komet halley yang ia telah hadir untuk melintasi bumi pada tahun 1986 (1406 Hijriyah). Komet ini merupakan sebuah bintang terang bersinar yang melintas dari Timur ke Barat sepertimana yang telah dikatakan oleh Nabi. Pada tahun kemunculannya Komet halley nyatanya berjalan dekat dengan bumi dari arah timur menuju barat. Ahli Astronomi mengatakan bahwa Komet Halley terkahir muncul pada tahun 1986 dan akan muncul kembali pada tahun 2061. Meskipun periode rata-rata orbit komet Halley adalah 76 tahun, namun tidak mudah untuk menentukan tanggal tepat kemunculan komet tersebut. Gravitasi dari objek lain di tata surya akan mempengaruhi orbit komet ini. Selama berabad-abad, periode orbit Halley bervariasi antara 76 tahun hingga 79,3 tahun.

Pada hadist yang lain Rasulullah pernah bersabda mengenai ciri-ciri hadirnya halley, sebagai berikut :
“Munculnya bintang itu akan terjadi setelah gerhana matahari dan bulan”. (Al-Muttaqi al-Hindi, Al-Burhan fi Alamat al-Mahdi Akhir al-zaman, hal. 32).

“Ada dua tanda untuk kedatangan Al Mahdi ... Yang pertama adalah gerhana bulan di malam pertama Ramadhan, dan kedua adalah gerhana matahari di pertengahan bulan ini”. (Ibn Hajar al-Haythami, Al-Qawl al-Mukhtasar fi `Alamat al-Mahdi al-Muntazar, hal. 47)

 “... Gerhana matahari di pertengahan bulan Ramadhan dan gerhana bulan di akhirnya ....” (Al-Muttaqi al-Hindi, Al-Burhan fi Alamat al-Mahdi Akhir al-zaman, h. 37)

Dari hadist Nabi diatas dapat disimpulkan bahwa tanda lain dari hadirnya komet ini adalah munculnya dua gerhana dalam dua tahun secara berturut-turut. Pada dasarnya, secara hukum alam menyatakan bahwa tidaklah mungkin akan ada dua gerhana matahari dan gerhana bulan dalam satu bulan. Hal ini tidak dapat terjadi pada keadaan biasa. Akan tetapi, sebagian besar tanda-tanda Hari Akhir merupakan peristiwa-peristiwa yang dapat dijangkau dan diwujudkan oleh pikiran manusia, dan tergantung pada alasan tertentu.

Sepertimana pada hadist sebelumnya menyebutkan bahwa gerhana akan terjadi dalam kurun waktu 2 tahun berturut-turut dan terjadi dalam satu bulan sebanyak dua kali.  Dan faktanya bahwa apa yang dikatakan Nabi adalah benar, bahwa gerhana bulan telah muncul pada tahun 1981 (tahun Hijriyah 1401) pada hari ke-15 bulan Ramadhan dan gerhana bulan pada hari ke-29 pada bulan tersebut. Kemudian pada tahun keduanya gerhana bulan muncul sekali lagi yaitu tahun 1982 (tahun Hijriyah 1402) pada hari ke-14 bulan Ramadhan dan gerhana matahari pada hari ke-28 pada bulan tersebut.
Rasulullah bersabda :

“Telah sampai kepadaku bahwa sebelum Al Mahdi datang bulan akan gerhana dua kali di bulan Ramadhan.” (Diriwayatkan oleh by Abu Nu'aym in al-Fitan)

“Akan ada dua gerhana matahari di bulan Ramadhan sebelum kedatangan Al Mahdi”. (Mukhtasar Tazkirah Qurtubi)

Kejadian peristiwa-peristiwa ini selama kurun waktu yang sama bertepatan dengan tanda-tanda kedatangan Al Mahdi. Hal tersebut, beserta kejadian ulangannya yang menakjubkan di permulaan abad keempat belas Hijriah selama dua tahun berturut-turut (1401-02), menjadikan kejadian-kejadian ini mungkin adalah tanda-tanda yang disebutkan oleh hadits.

Menurut sebahagian riwayat mengatakan, bahwa komet ini pernah muncul saat dimana Allah SWT pernah menurunkan azab kepada kaum nabi nuh, selain itu komet ini juga pernah muncul saat dimana Raja Namruz beserta pengikutnya dihancurkan oleh-Nya.

Al-hasil, maka sekarang komet ini nyatanya telah lebih dahulu muncul sebelum masa kita saat ini. Rasulullah SAW mengatakan bahwa tanda kemunculan bintang berekor tersebut adalah sebab dimana imam mahdi akan hadir.

Ternyata yang lebih menakjubkan dari hadist ini adalah bahwa Rasulullah menyebutkan bahwa imam mahdi akan lahir tidak jauh dari masa kemunculan dua peristiwa gerhana dan komet diatas. Hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa sesungguhnya kisaran umur imam mahdi saat ini adalah 32 atau 30-an tahun keatas.

Tentunya kita sebagai umat muslim pastilah mengetahui keadaan dimana imam mahdi suatu saat nanti akan tiba, bahwa dengan kehadiran beliau ke muka bumi ini menjadi suatu pertanda besar bahwa kiamat memang tidak akan lama lagi. Imam mahdi diturunkan oleh Allah adalah untuk menyebarkan kembali ajaran islam sesungguhnya dan memberi kedamaian untuk bumi.

Semoga kita dapat membai’at beliau suatu saat nanti, dan menjadi pengikut setia beliau. Semoga kita selalu dirahmati oleh Allah SWT dan selalu dalam ketataan kepada-Nya.

Sumber : Tgk. Habibie M. Waly S.TH

Nonton Videonya Dibawah ini : 
YouTube : 



No comments