Breaking News

Berikut Para Nabi Palsu Dari Masa Rasulullah SAW Hingga Abad 19

Satu Takbir | Setelah Nabi SAW wafat, maka saat itu pemerintahan islam diserahkan kepada khalifah pertama umat muslim, yaitu Saidina Abu Bakar As-Shiddiq. Beliau di percayai oleh kaum muslimin untuk melanjutkan misi dakwah Rasulullah SAW keseluruh tanah hijaz. Namun saat beliau memimpin menjadi presiden negara pada saat itu maka kekacauan dikalangan umat muslim pun terjadi, yaitu hadirnya diantara kalangan munafik yang mengaku diri sebagai nabi. Melihat kejadian ini maka Abu Bakar sebagai pimpinan kelompok pembasmi paham sesat baru yang diikuti ratusan para sahabat nabi turun untuk memberantas paham sesat tersebut. Maka saat itulah beberapa orang yang mengaku diri sebagai nabi diberantas hingga kepada intinya, dan Musailamaah Al-Kadzab pun sebagai pimpinan nabi palsu saat itu terbunuh oleh pedang perjuangan kaum muslimin. 


Musailamah Al-Kadzab dikenal sebagai tokoh terkemuka yang tetap pada pendirian kuat untuk menganggap dirinya seorang nabi kala itu, hingga wajarlah tawaran damai sebelum berperang dari kubu kaum muslimin ditolak mentah olehnya, hingga al-hasil kemarahan kaum muslimin membuat tubuhnya tergeletak tak bernyawa oleh pedang-pedang jihadis.

Inilah satu diantara kisah umum yang tertulis jelas dalam sejarah islam, bahwa kala dimana Rasulullah SAW tiada maka ajaran sesat pun bermunculan secara nyata di muka bumi, salah satunya adalah Kenabian Palsu Musailammah. Namun tahukah anda, bahwa ternyata dikala Khalifah Abu Bakar As-Shiddiq memimpin jabatan khalifah, ada banyak nabi palsu selain musailamah yang ikut juga bermunculan, bahkan masa dimana Rasulullah masih ada, juga terdapat beberapa orang yang berani mengaku nabi, siapakah mereka itu dan berapakah jumlah mereka ?, berikut nama-nama mereka : 

1. Abhalah bin Ka'ab bin Ghauts Al Kadzdzab alias Al Aswadi Al Ansi. (ia hidup pada masa Rasulullah SAW) Berasal dari Yaman dan dia berhasil dibunuh oleh istrinya sendiri yang bekerjasama dengan kaum muslimin.

2. Thulaihah bin Khuwailid bin Naufal. (hidup pada masa Rasulullah SAW). Berasal dari Bani Asad. Dia bersama istrinya kabur ke Syam, hingga dia akhirnya kembali ke pangkuan Islam.

3. Musailamah bin Tsumamah bin Habib Al Kadzdzab. (setelah masa nabi Muhammad SAW) Berasal dari Yamamah. Dia mati sesudah dilempar tombak oleh Musilamah bin Harb pada kekhalifahan Abu Bakar Ash-Shiddiq.

4. Sajah binti Al Harits bin Suwaid. (setelah masa nabi Muhammad SAW). Ia adalah Seorang perempuan yang berasal dari Bani Tamim. Pada akhirnya ia diusir oleh Khalifah Muawiyah bin Abi Sufyan.

5. Al Mukhtar bin Abi Ubaid. . (setelah masa nabi Muhammad SAW). Berasal dari Thaif, penganut Syiah yang mengaku nabi. Dia adalah saudara ipar Abdullah bin Umar bin Khattab. Mati dibunuh oleh Mush'ab bin Az-Zubair.

6. Mirza Ali Mohammad. Pada abad 19, Pendiri agama Babisme. Dihukum mati oleh pemerintah Iran pada 1843.

7. Mirza Husein Ali. Pendiri agama Bahaisme, penganut syiah. Mati pada tahun 1892. Kemudian Dilanjutkan oleh anknya yang bernama Abbas Efendy yang bermarkas di Chicago, USA.

8. Mirza Ghulam Ahmad. Berasal dari India. Mati terkena penyakit kolera. Pendiri agama Ahmadiyah, tapi kitabnya bukan Al Qur'an melainkan Tadzkirah.

9. Rashad Khalifa. Dari Mesir 1835-1908. Mati dicincang oleh pengikutnya sendiri dengan pisau dapur. 

10. Asy Syaikhah Manal Wahid Manna. Seorang wanita mengaku nabi. Dipenjari oleh pemerintahan Mesir.

11. Tsurayya Manqus. Seorang wanita dari Yaman. Mati dibunuh oleh pengikutnya sendiri dan disalib.

12. Muhammad Abdur Razak Abul 'Ala. Dari sudan, ia juga mati dibunuh oleh pengikutnya sendiri. 

Inilah beberapa nama Nabi Palsu yang hadir kala ajaran islam belum jauh dari masa Rasulullah SAW. Semoga Allah memberi laknat kepada mereka. 

Sumber : BUKU RISALAH TAUHID AL-WALIYAH
Tgk. Habibie M. Waly S.TH


YouTube : 

No comments