Breaking News

Inilah 5 binatang yang pernah dipelihara oleh Nabi Muhammad SAW

Dalam beberapa kisah dan hadits tersebutlah kisah-kisah yang menunjukkan Nabi Muhammad SAW seorang pencinta dan penyayang binatang, Ketika memasuki Kota Makkah setelah menaklukkan tentara Quraisy, salah satu perintah Rasul adalah tidak membunuh satwa apa pun yang ada di kota suci itu.


Beberapa riwayat hadits menunjukkan bahwa Rasulullah juga memberikan nama pada beberapa hewan yang beliau miliki, diantaranya adalah sebagai berikut :

كَانَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَاقَةٌ تُسَمَّى العَضْبَاءَ
“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memiliki unta yang dinamakan dengan Al ‘Adhbaa‘” (Shahih Bukhari, no.2872)

Karena Rasulullah SAW penyayang binatang, hewan hewan yang dimiliki beliau pun mempunyai nama,Berikut Ini Adalah Nama Semua Hewan Peliharan Nabi Muhammad:


Pertama : Kuda 

Ada lebih dari 10 ekor kuda yang pernah menjadi tung­gangan Rasulullah SAW, Kesepuluh ekor kuda itu masing-masing bernama :

As-Sakb, Kuda inilah yang menjadi tunggangan Ra­sulullah dalam perang Uhud. 
As-Sakb, adalah kuda yang berbelang putih pada bagian muka serta bagian kakinya. Ia sangat gesit dan lincah. Ada beberapa kuda yang lain yang dinamai, yaitu: 
al-Mandub, an-Najib, al-Ya‘sub, as-Surhan, al-Mirwah, Al-Bahr, Al-Ward , Azh-Zhirb , Al-Lahif , Al-Murtajiz.


Kedua : Baghal 

Bagal betina hadiah dari al-Muqauqis yang dinamai Duldul, Nabi Muhammad juga mempunyai beberapa ekor bagal betina lain, seperti yang bernama Ailiyah, Daumatul-Jandal, Fiddhah. Keledai yang satu bernama Afir dan yang lain bernama Ya‘fur.


Unta-unta perahan masing-masing dinamai: al-Hana’, as-Samra’, al-‘Aris, as-Sa‘diyyah, al-Baghum, al-Yasirah, ad-Diba’, asy-Syaqra’ dan Burdah.


Ketiga : Unta



Unta-unta perahan masing-masing dinamai: al-Hana’, as-Samra’, al-‘Aris, as-Sa‘diyyah, al-Baghum, al-Yasirah, ad-Diba’, asy-Syaqra’ dan Burdah.



Keempat : Kambing 


Kambing perahan beliau tujuh ekor, masing-masing ber­nama: ‘Ajwah, Zamzam, Suqya, Barakah, Wirsah, Ithlal dan Ithraf.



Kelima : Kucing 

Nama kucing nabi Muhammad adalah Muezza.


Demikianlah nama-nama hewan peliharaan Nabi Muhammad SAW. jika digambar ilustrasi saja kita kelucuan mereka sangat menggemaskan apalagi hewan punya Rasulullah SAW ya ? wah pasti mereka sangat lucu-lucu dan sangat dekat dengan beliau. 

No comments